Pelapis kaca anti hujan, perlukah?

Musim hujan telah tiba. Dengan kondisi hujan deras, seperti akhir-akhir ini, tak pelak kita perlu menjaga kebersihan kaca mobil untuk mendapatkan pandangan yang jernih.
Untuk mendapatkan pandangan yang jernih selama diguyur hujan deras, tentunya kita memanfaatkan sapuan kipas hujan atau “wiper” yang berbahan karet. Untuk mendukung kinerja “wiper” dalam membersihkan kaca depan mobil kita, tidak sedikit yang menambahkan cairan pembersih seperti shampo (tanpa kondisioner) dan cairan khusus wiper. Cairan ini terbukti efektif membantu kita mendapatkan pandangan yang jernih. Akan tetapi busa cairan ini cukup mengganggu saat disemprotkan.
Selain produk di atas, ada produk lain yang dapat kita gunakan untuk menghasilkan pandangan yang jernih dalam guyuran air hujan. Produk tersebut adalah “rain repellant“ cairan sejenis lilin “wax” yang akan melapisi kaca depan kendaraan kita agar menghasilkan efek seperti daun talas, dimana air tidak sempat menempel di kaca mobil kita. Air akan mengalir jatuh ke bawah.
Dari pengalaman saya menggunakan cairan “rain repellant“, saya sangat puas. Cairan ini efektif melapisi kaca mobil saya membuatnya tidak mempan air hujan. Pada saat guyuran hujan deras, air mengalir tidak berjejak di kaca mobil saya membuat pandangan saya sangat jelas meskipun saya tidak menyalakan “wiper” sama sekali.
Akan tetapi ada kelemahan dari produk ini. Pada akhirnya produk ini tidak dapat berdiri sendiri. Pada saat hujan rintik-rintik, dimana butiran air hujan tidak cukup berat untuk jatuh, butiran tersebut pecah menjadi butiran yang sangat halus saat jatuh ke kaca. Dengan adanya butiran halus yang menempel di kaca depan kita, maka pandangan kita menjadi terganggu. Hal ini akan menjadi semakin parah ketika kita sedang melaju menuju cahaya, seperti melaju ke arah matahari, maka cahaya tersebut akan menyilaukan kita karena terbiaskan oleh butiran halus air hujan tadi.
Penggunaan “rain repellant” ini pun cukup mudah, cukup kita gosokkan ke kaca dalam keadaan kering, lebih efektif setelah mencuci mobil dimana kaca sedang dalam keadaan bersih. Menggosoknya pun tidak memakan waktu lama.

Facebook Twitter RSS