Penangkis Hujan, TAnpa Wiper Kaca Mobil Tetap Jelas

 
JAKARTA - Salah satu faktor keamanan dalam mengemudi yaitu jelasnya pandangan (clear visibility) ke luar kendaraan. Apalagi jika hujan tiba, lantaran air di permukaan kaca tak sepenuhnya hilang meski sudah disapu wiper. Sebenarnya mudah mengatasinya, pakai saja produk penangkis air hujan (rain repellent) yang jenis dan cara pakaianya beragam.

JERNIH
Banyak toko yang menawarkan produk perawatan mobil, menjual bermacam merek treatment untuk permukaan kaca yang ampuh menangkis air hujan. Air hujan meluncur tanpa bekas seperti air mengalir di daun talas.

"Pakai produk water repellent atau rain repellent memang ampuh. Bahkan saat hujan, tidak pakai wiper pun pandangan tetap jelas," ucap Susanto, pemilik toko oli dan produk perawatan mobil Jayapura Motor di ITC Fatmawati, Jaksel. Pemakaiannya tergantung kebutuhan, tetapi biasanya sekali pakai tahan untuk sebulan.

Masing-masing produk punya kemasan dan cara pakai berbeda. Tujuannya sama, mencegah air menempel di permukaan kaca sehingga meningkatkan pandangan dan membuat nyaman saat mengemudi.

Contoh Rain-X Original Glass Treatment. Tinggal semprot dan dilap pakai kaing kering bersih, maka saat hujan turun, butiran air akan pergi dari permukaan kaca. Dikemas dalam botol plastik kuning isi 680 ml.

Begitupun 2-in-1 Glass Cleaner with Rain Repellent, selain kemasan botol plastik, juga tersedia dalam botol kaleng. Sementara Rain-X Swipe & Wipe model gosok dan disediakan bonus kain lap lembut. Kaca bakal lebih jernih.

"Saya menyarankan pakai glass cleaner yang memiliki kandungan yang membuat kaca jadi licin, butir air langsung jatuh. Mereknya bermacam-macam," urai Heri Firmansyah, manajer produksi salon mobil Glanz di Jln. Panjang No.7, Kedoya, Jakbar.

Merek lain ada keluaran Glass Science. Misal New Rain Clear, setelah kaca dibersihkan dari minyak dan debu, semprotkan ke kaca lalu usap pakai bahan lembut ke seluruh permukaan sampai kaca terlihat jernih. Untuk varian Gel Formula, tekan hingga gel keluar dan taruh di kain atau busa lembut lalu digosok.

Untuk Glaco asal Jepang model roll on, gosok ke kaca secara merata dan diamkan 5-10 menit lalu diusap pakai lap. Begitupun Rain-Z Dura buatan Perma Glass, Amerika yang dibasahkan pada kain dan disuap dengan gerakan melingkar, tunggu kering 1-2 menit.

G Glass Hydrophobic Rain Repellent buatan Amerika yang mengandung 100% bahan alam yang ramah lingkungan. Atau produk keluaran Stoner, Invisible Glass pembersih kaca depan yang mengandung rain repellent dalam kemasan botol plastik.

"Penggunaannya lebih baik sebelum hujan. Meski begitu, jika baru pakai setelah kena hujan, juga tidak apa-apa asal kaca dibersihkan terlebih dulu dan tunggu kering," ungkap Daniel Saputra, juragan Show Car Garage di Jln. Meruya Ilir No.19i, Jakbar.

Nah, yang mau pakai saat sedang kena hujan juga ada produknya, No Touch Rain Shield. Tinggal semprot ke kaca dan jalankan wiper beberapa kali. Tanpa ditunggu, Anda langsung dapat merasakan kaca yang bening.

Penggunaan rain repellent juga bisa dipakai pada kaca spion luar dan kaca samping. Kini saat hujan pun kaca bebas dari sisa air, pandangan tak terganggu, respons mengemudi meningkat dan berkendara pun jadi lebih nyaman.   (mobil.otomotifnet.com)

Facebook Twitter RSS