Tips Berkendara Saat Hujan

Honda
Musim penghujan sudah tiba. Berkendara di musim hujan berarti kita harus mempersiapkan riding gear yang sesuai, memahami traksi, memastikan Anda dapat melihat dan terlihat dengan baik. Kendati banyak riders yang tidak suka membersihkan motor lepas terguyur hujan, namun cukup banyak yang gemar berkendara saat hujan. Lalu, kenapa mereka suka berkendara di atas sepeda motor saat kondisi jalan licin dan basah? Well… Bukan itu yang akan kita bahas di sini. Namun bagaimana caranya agar kita berkendara dengan aman dan selamat sampai tujuan kendati jalan sedang diguyur hujan.

Gunakan Perlengkapan Khusus Hujan
Elemen penting agar Anda bisa menikmati berkendara saat cuaca hujan adalah dengan menggunakan rain gear yang tepat. Belakangan banyak bermunculan di pasaran jas hujan dengan model two-piece yang dilansir oleh pabrikan ternama hingga industri rumahan. Namun yang terpenting bukan dari merk atau harga, namun dari kemampuannya menangkal air hujan membasahi tubuh serta kenyamanannya saat digunakan. Jas hujan yang nyaman pasti akan menunjang kenikmatan Anda saat melaju di atas sepeda motor. Jangan lupa untuk mengenakan sarung tangan anti-air alias waterproof yang dapat melindungi pergelangan tangan dan jemari dari serbuan dinginnya air. Tips: Masukkan bagian paling atas sarung tangan ke dalam bagian lengan jas hujan agar air hujan bisa langsung mengalir turun tanpa harus tembus ke dalam sarung tangan. Sepatu khusus riding yang tidak tembus air juga penting, terlebih saat Anda akan melakukan perjalanan jauh. Usah risau jika Anda tidak memiliki perangkat ini, cukup gunakan pembungkus sepatu yang banyak dijual toko-toko aksesoris yang terbuat dari material waterproof.

Perhatikan Traksi Ban
Jika Anda sudah siap dengan gear khusus untuk hujan, berarti Anda tinggal membereskan dua hal penting lainnya: traksi dan penglihatan. Traksi biasanya menjadi perhatian sebagian besar riders lantaran mereka tidak yakin apakah motornya bisa mencengkeram dengan baik lapisan aspal yang terguyur hujan. Anda harus memperhatikan tepian jalan yang biasanya berpasir, bagian jalan yang dilaburi cat (seperti pertemuan jalur busway dengan jalan raya), perlintasan kereta, marka jalan, hingga persimpangan ramai yang beresiko terkena ceceran solar atau oli. Biasanya bagian jalan seperti di atas menjadi lebih licin saat tersiram hujan. Namun semua berubah menjadi bencana jika ban motor Anda gundul. Ban motor yang tidak memiliki kembangan yang baik, cenderung lebih mudah kehilangan traksi, terlebih dalam kondisi hujan.

Menikung Dengan Hati-Hati
Menaklukkan tikungan di atas sepeda motor dalam kondisi permukaan jalan licin butuh pendekatan yang halus dan berhati-hati. Jangan pernah menekan tuas rem secara mendadak atau membelokkan kemudi dengan tiba-tiba. Bisa dipastikan Anda akan langsung mencium kerasnya permukaan aspal. Sebaiknya Anda melambatkan laju sepeda motor sebelum masuk tikungan dan membuka katup gas secara perlahan setelah keluar dari tikungan. Tidak hanya agar laju motor menjadi lebih pelan saat di tikungan, namun juga berjaga-jaga jika ada mobil atau kendaraan lain yang berhenti atau masuk di tikungan yang sama.

Tingkatkan Visibilitas
Langkah terakhir adalah memperhatikan visibilitas, baik penglihatan Anda maupun penglihatan orang lain terhadap Anda. Gunakan riding gear dengan warna-warna cerah seperti merah, hijau atau kuning dan menghindari penggunaan riding gear berkelir gelap agar pengendara lain bisa melihat Anda dengan baik. Atau gunakan riding gear yang telah dilengkapi dengan material yang bisa memantulkan cahaya, atau Anda bisa menambahkan sendiri bahan t di rsebut di riding gear yang Anda miliki.Tidak hanya itu. Anda juga bisa memakai pelindung kepala berwarna cerah agar pengendara lain menyadari kehadiran Anda di sekitarnya. Lalu bagaimana caranya meningkatkan penglihatan kita sendiri? Mungkin penggunaan helm yang dilengkapi dengan lapisan anti kabut bisa menjadi solusinya. Atau Anda bisa menggunakan  langkah alternative dengan mengoleskan tembakau di kaca helm atau meneteskan cairan jeruk lemon di kaca tersebut untuk mencegah kabut. Selamat mencoba..

Facebook Twitter RSS